'kode google analytics' Teknewlogic - New Technology News Blog: Compare Review : Apple Iphone 5-6

Compare Review : Apple Iphone 5-6

Melihat trend banyak orang yang rela mengantri demi membeli iphone 6 dengan harga cukup bombastis yaitu sekitar Rp. 13.000.000,- untuk iphone 6 dan Rp. 11.000.000,- untuk iphone 5. Ngeliat nolnya banyak saja sudah pusing yang sudah setara seperti harga motor bebek baru. Nah, sekarang saya sudah melihat trend masyarakat yang membeli suatu barang terutama yang dari luar negeri dan terlampau mahal, padahal dari keguanaan tidak memadai dan masih banyak produk-produk yang memiliki fungsi sama dengan harga yang lebih terjangkau.

Masih syok dengan harga Rp.13.000.000,- yang sepertinya memang segmentasi pasar yang diincar oleh apple.inc ini lebih cenderung kepada segment premium (kalangan masyarakat yang membeli barang berdasarkan status prestiges atau melihatnya mahalnya barang tersebut). 


Oke, fokus ke topik utama nih! Coba mari kita bandingkan kedalam spesifikasi yang saya peroleh dari situs gsmarena.

Di postingan ini tidak bisa membahas keseluruhan spesifikasi yang dimiliki iphone dan samsung, hanya beberapa item saja karena juga keterbatasan pengetahuan saya. Bisa dilihat sekilas saja yang sedikit aneh untuk smartphone dengan harga Rp.13.000.000,- yaitu pada kapasitas memori RAM dan processornya. Processornya saja hanya Dual Core 1.4 dan 1.3 GHz dan RAM hanya 1 GB. Seharusnya untuk ukuran smartphone dengan harga seperti itu lebih baiknya menyediakan fasilitas RAM dan Processor yang lebih, karena dalam hardware memproses data atau melakukan rendering/game hal yang dibutuhkan biasanya kecepatan processor dan RAM. Selain itu dari resolution yang dimiliki oleh layarnya cukup lumayan bagus dengan resolusi 1080x1920 megapixel untuk iphone 6 dan 640x1136 megapixel untuk iphone 5 yang seharusnya dengan harga seperti itu kita dapat spesifikasi layar yang lebih tajam lagi. 

Kelebihan dari iphone 5 dan 6 ini kita lihat dari kecepatan datanya yang sudah mencapai 42 Mbps, yang sudah sangat cepat, tetapi juga harus didukung dengan provider layanan seluler Indonesia yang bisa memberikan kecepatan data sampai 42Mbps. Selain itu kelebihan utama yang dimiliki iphone dari smartphone yang lain yaitu dari OSnya. iOS memang memiliki user interface yang sangat mudah untuk digunakan dan dipahami, mulai dari cara penyetingannya dan juga tidak ketinggalan dari layanan syringe apple yang kalau saya bilang sangat canggih dan sangat membantu jika kita bandingkan dengan smartphone lainnya yang mengandalkan google yang masih kalah dalam segi layanan syringe.

Jadi, untuk apple sendiri dengan harga, kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya memang sangatlah cocok untuk digunakan oleh para businessman atau orang-orang yang membutuhkan user interface yang mudah dan terutama dalam hal syringe yang sangat membantu kita dalam mencari beberapa hal yang kita butuhkan hanya dengan berucap saja (tapi harus bahasa inggris loh!). Kalau saja ada mahasiswa, anak sekolah dan kaum remaja yang memilih iphone sudah dapat dipastikan tujuan utamanya bukan untuk memanfaatkan teknologi dengan sebaik-baiknya, melainkan hanya mencari sisi prestigesnya saja. Karena dengan harga seperti itu bisa didapatkan smartphone yang memiliki spesifikasi lain yang lebih canggih yang kebanyakan mereka membutuhkan smartphone dengan spesifikasi yang lebih tinggi dari sekedar iphon 5 dan 6.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar